google-site-verification: google81f2ee356101f507.html Marshall From Detroit, Semobil Dengan Eminem Menyusuri Kota Asalnya - Buruh Nulis
Open top menu
Minggu, 24 Februari 2019

poster Marshall From Detroit dari reddit.com


Pernah membayangkan bagaimana rasanya semobil dengan artis idola anda, diantar berkeliling ke kota asalnya sambil mendengarkan dia menuturkan kisah masa lalunya? Bagi para penggemar Eminem, ayangan semacam itu bukan lagi mimpi di siang bolong. 

Setelah cuplikannya dirilis di youtube pada Januari lalu, film dokumenter Eminem yang berjudul Marshall From Detroit kini bisa ditonton gratis di Oculus Go, Oculus Rift, dan Samsung Gear VR. Film berformat 360 derajat yang diproduksi Felix & Paul Studios ini akan mengajak anda mengeksplor kota Detroit dari sudut pandang Eminem; membandingkan masa-masa sulit yang pernah dia alami dengan versi terkini kota itu. 

Meski hanya berdurasi 21 menit, film berteknologi virtual reality (VR) ini menyuguhkan pengalaman yang
jauh lebih intim dibandingkan film drama biografi Eminem, 8 Mile (2002). Dengan perangkat pendukung VR, dilansir dari vrscout.com, film besutan sutradara Caleb Slain ini mengajak anda turut dalam mobil yang membawa Marshall Mathers -nama asli Eminem- menyusuri jalanan Detroit, Michigan, AS, pada suatu malam di musim dingin. 

Di mobil itu anda bakal duduk berhadapan dengan Eminem yang sedang diwawancarai Sway Calloway. DJ radio sekaligus rapper teman lama Eminem itu duduk tepat di sebelah kiri anda. Caleb Slain mengatakan filmnya bertujuan memperluas keintiman yang ditawarkan teknologi VR - di luar perjalanan sekali seumur hidup dengan Marshall dan memperkenalkan versi Detroit yang lebih mistik. "Kami ingin mengambil 'kenyataan' dari VR dan mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih tidak nyata, tapi juga jujur," kata Caleb Slain kepada variety.com

Dalam buku Eminem Not a Mama's Boy (2002), Chuck Weiner menuturkan Marshall dibesarkan di lingkungan kumuh nan keras di Detroit oleh ibunya yang hanya mengandalkan tunjangan dari pemerintah. Tumbuh dengan berbagai kemalangan yang merundungnya, Marshall pun bermimpi untuk lekas meninggalkan Detroit. Namun, mimpi itu tak kunjung terwujud. Berkat pamannya, di kota berjuluk Motor City itulah Marshall mulai mengenal rap dan hip-hop; dan menjadikannya sebagai tempat pelarian.

Pertama kali menjadi rapper, seperti digambarkan dalam 8 Mile, Marshall mendapat perlawanan keras dari kalangan mayoritas kulit hitam. Tapi dia tetap gigih hingga berhasil merilis album perdananya, Infinite (1996). Untuk mengenang masa awal perjuangan itu, dalam Marshall From Detroit, rap Marshall diputar sekali saat kilas balik ke adegan rap battle-nya yang direkam pertama kali di Detroit pada 1996.

Saat mengarungi jalanan Detroit bersama Sway, Eminem mengungkap upayanya mengejar kualitas Marshall Mathers LP (MLPP); salah satu album yang sangat sukses di awal karirnya. Sebab, penggemarnya lebih menyukai "Marshall yang dulu" dan percaya pada kemarahan yang disalurkan ke dalam album-album lamanya seperti MLPP.  Meski berusaha
mengembalikan suara khas dan tingkat gairahnya pada era 90'an, Eminem mengakui kemarahan yang dia rasakan kini berbeda; bukan lagi sebagai anak yang tumbuh di lingkungan yang kurang ideal. 

Namun, Eminem mengklaim masih memiliki semangat yang sama untuk menyusun bar dan menulis lirik yang merangsang pemikiran menantang konvensi serta norma musik modern ke dalam komposisi yang emosional. Bagaimana pun, selama lebih dari 23 tahun terakhir, Eminem telah mengubah hip-hop dengan cara yang eksplosif. Meningkatnya kesuksesan Eminem telah memberikan Detroit suara dan reputasi yang berbeda. Dan, bagi Eminem, Detroit akan selalu menjadi rumahnya.

Selain menyimak wawancara yang mengupas sisi intim Eminem yang jarang diketahui publik, Marshall From Detroit juga membawa penontonnya mengunjungi berbagai sketsa kota Detroit; dari jalanan tertutup salju sampai berdiri di tengah aula gedung pertunjukan besar yang sudah terbengkalai; tempat di mana battle-rap Marshall yang bersejarah kemungkinan berlangsung pada 23 tahun lalu.

Tagged
Different Themes
Written by Templateify

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 komentar

Recent